TAHUN TUAIAN

TAHUN TUAIAN

Ayat hafalan : Mazmur 27:6

 

Senin –  TAHUN TUAIAN (Maz 27:6)

Ayat di atas adalah ayat emas yang  dipegang oleh UmatNya di tahun 2018. Dimana setan masih diijinkan oleh Tuhan mengelilingi umatNya ( 1Petrus 5:8) . Setan berusaha menjatuhkan hidup saudara. Tetapi ditengah situasi seperti ini Tuhan balikkan dengan KemuliaanNya sehingga menjadi tuaian yg berlimpah. Tuaian adalah bicara mengenai kebangunan rohani, berkat, kemenangan dan buah-buah kehidupan.

 

Di tengah situasi seperti ini umat.harus memiliki iman yang teguh dengan menegakan kepalanya. UmatNya harus.memiliki.mentalitas siap berkorban dengan bersorak sorai bukan dengan.kesedihan.

 

UmatNya harus memiliki gaya hidup memuji dengan nyanyian dan mazmur dalam situasi apapun. Mari saudaraku kita hadapi tahun 2018 dengan cara pandang dan respon yang benar dan alami tuaianNya dalam seluruh aspek hidupmu. (RTM)

 

Selasa – Roh yang Benar : Menolong Selalu berespon benar (Maz 27:1-6)

Daud memang ditetapkan menjadi Raja bangsa Israel. Sebagai manusia biasa, Daud juga memiliki rasa takut terhadap ancaman, kejahatan dan pertaruhan nyawa. Setiap orang secara mendasar ingin mengalami kehidupan yang aman, tenang dan nyaman. Menurut ukuran manusia hal demikian adalah menjadi kebutuhan. Dewasa ini situasi ini mungkin dirasa sudah mulai jarang terjadi.

 

Tuhan tidak pernah berjanji bahwa hidup kita tanpa masalah, tekanan, rintangan dan tantangan. Tetapi Tuhan berjanji selalu memberikan pertolongan kepada anak-anak Tuhan yang dikasihiNya. Daud adalah seorang yang berkenan di hati Tuhan, karena hati dan perilakunya selaras dengan ketetapan Tuhan. Sebagai anak Tuhan, Daud memiliki kekuatan untuk berespon benar ketika dia berada dalam situasi yang mengancam nyawa dan kehidupannya. Kekuatan percaya kepada Tuhan di masa krisis adalah menjadi kunci untuk melampaui permasalahan dan memasuki musim tuaian atau hidup berkemenangan.

 

Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itupun aku tetap percaya. (Maz 27:3)

 

Hati yang selalu percaya kepada Tuhan dalam setiap situasi dan kondisi menjadi kunci untuk umat Tuhan mampu selalu berespon benar dan bijak terhadap situasi dan orang-orang yang tidak benar.

 

Rabu – Bersikap Benar dalam Proses (Ayub 23:8-12)

Kita tentu pernah mendengar seorang tokoh yang memiliki  jati diri yang kuat di dalam Tuhan. Dialah Ayub. Tuhan mengenal Ayub sebagai seorang yang saleh dan takut akan Tuhan di dalam generasinya. Sebenarnya kualitas tersebut sudahlah cukup untuk menjadikan Ayub sebagai alat Tuhan yang siap dipakai menjadi berkat bagi generasinya. Namun ternyata Tuhan memiliki standar yang lebih kuat dan berkualitas tinggi untuk Ayub. Juga untuk kita pada masa kini.

 

Ada 5 kunci sukses Ayub dalam persiapan hati untuk menerima kerhormatan dari Tuhan, yakni

  1. Tetap mengandalkan Tuhan – melayani adalah sebagai panggilan bukan karena keadaan sebang baik atau buruk.
  2. Tetap melangkah ke depan – fokus pada target Tuhan, bukan pada masalah
  3. Tetap tidak menyimpang – air sungai tidak akan pernah menyimpang arusnya karena di sisi kanan dan kiri ada pagar sungai yakni dinding sungai yang kuat..Firman Tuhan adalah batasan hidup kita, jika pola pikir dan pola tindak tidak mengandung prinsip kebenaran, maka anda sedang keluar jalur dan tersesat.
  4. Tetap berbuah – dibutuhkan satu hal yang mutlak untuk berbuah yakni iman. Iman tanpa perbuatan adalah mati.
  5. Tetap membangun hidup dengan kualitas emas (I Kor 3:10-15) – Emas adalah kualitas Kristus. Hidup berkualitas emas adalah hidup berkualitas Kristus.

 

Miliki kunci-kunci sukses Kristus bagi studi, karir, keluarga dan kreativitas anda. Sudah tentu anda berhasil.

 

Kamis – Kesetiaan Kunci Raih Tuaian (Kemenangan dan kelimpahan) (Maz 63:3)

 

Sebab kasih setia-Mu lebih baik dari pada hidup; bibirku akan memegahkan Engkau. (TB, Maz 63:3)

Because Your lovingkindness is better than life, My lips shall praise You. (NKJV, Psalm 63:3)

 

Dalam bahasa Yunani , Kasih setia artinya “Checed”. Yang artinya “Mercy” (Indonesia : Anugerah).

Kata “Checed” digambarkan seperti Dua pihak yang sedang berinteraksi, dimana pihak yang satu berada dalam posisi yang lebih tinggi (secara posisi, kualitas, eksistensi) dan pihak kedua berada lebih rendah (secara posisi, kualitas dan eksistensi). Pihak ke satu memiliki hk penuh untuk memberikan pertolongan dan dari posisi yang lebih tinggi , Ia membungkuk untuk memberikan sesuatu kepada pihak kedua , yang berada pada posisi lebih rendah. Itulag anugerah Tuhan.

 

Sekalipun mungkin manusia bisa gagal dengan pelanggaran demi pelanggaran komitmen kepada Tuhan (Kisah Rasul Petrus-menyangkal akan keberadaan Tuhan Yesus sebagai Tuhan), tetapi kasih Tuhan (His Lovingness) tidak bergeming, apalagi berubah terhadap anda. Dia Allah yang setia dan penuh kasih setia.

 

Belajarlah kepada Tuhan : Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, (Ams 3:3)

 

 

Jumat  – Gaya Hidup Memuji & Menyembah Tuhan (Maz 27:6; 149:6)

Hukum Rohani adalah produksi Kerajaan Allah yang diberlakukan bagi umat Tuhan di bumi. Isi dan penerapannya tentu sangat bertolak belakang dengan hukum-hukum yang dunia produksi. Salah satu contoh,  melawan musuh dengan pujian dan sorak-sorai. Dunia mengajarkan lawanlah musuhmu dengan senjata dan semua kekuatan yang ada pada manusia. Hukum rohani memiliki kekuatan Roh Allah yang ampuh untuk menghentikan semua bentuk aktivitas roh jahat di dalam manusia atau media-media lain. Bagi dunia, adalah satu keanehan, pada saat musuh menyerang, orang Kristen diajar untuk menaikkan pujian dan sorak-sorai kemenangan. Mengapa demikian?

 

Seperti yang dialami Daud, bahwa ada kuasa dalam pujian dan sorak-sorai. Di Mazmur 27:4, bahwa akibat dari kepercayaan Daud yang kuat kepada Tuhan (Maz 27:3) melahirkan keinginan kuat untuk tinggal atau menetap dalam rumah Tuhan atau pengaruh Tuhan. Orang-orang yang berkomitmen diam dalam rumah Tuhan seumur hidupnya akan selalu dilindungi dan diberikan kekuatan di kala krisis. Bahkan pemazmur Daud berkata,

 

Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan (Maz 149:6)

 

Kerongkongan adalah saluran untuk bernafas pada manusia. Jikalau pujian peanggungan kepada Allah ada dalam kerongkongan manusia, seiring bernafas, maka manusia mengeluarkan pujian penggagungan kepada Allah. Bernafas adalah kebutuhan hidup manusia. Sejalan dengan itu seharusnya dipahami bahwa nafas umat Tuhan adalah salah satu ekspresi pujian dan mengandung kekuatan untuk selalu bersyukur dalam segala situasi. Dalam ucapan syukur tentu ada kuasa kemenangan atas semua bentuk tipu muslihat iblis.

 

Mari bangunlah gaya hidup memuji dan menyembah Tuhan dalam rumah dan di luar rumah atau komunitas kita baik dalam situasi krisis maupun tidak.

 

 

 

Sabtu – Tegakkan kepadamu… (Maz 27:6)

Tegakkan kepada, dalam bahasa asli dari teks di atas adalah “to raise up” yang artinya “bangkitlah”. Ada arti positif di dalam kata “bangkit”, artinya beranjak dari kegagalan atau ketakutan diri, dengan hati yang percaya bahwa musuh sudah dikalahkan oleh Tuhan. Menegakkan kepada orang percaya di hadapan lawan-lawanya adalah wujud konfirmasi iman kepada kuasa kebangkitan Yesus dari antara orang mati sebagai bukti kemenangan telak Tuhan atas pemerintahan iblis di bumi.

 

“Tegakkan kepala” bukanlah kesombongan diri tetapi adalah keberanian iman di hadapan semua lawan-lawan dalam semua bentuk dan dalam segala situasi dan waktu. Ayo, selalu tunjukkan bahwa kita adalah umat Pemenang yang senantiasa dijamin kemenangan terhadap semua tantangan, berdiri dan tegakkan kepemimpinan dan kuasa Tuhan supaya Tuhan mengalahkan semua musuh-musuhmu.

 

Minggu – Pemenang adalah Pribadi Tidak Mempersalahkan keadaan (I Korintus 15:57)

 

Inilah perkataan yang diucapkan ibu Teresa sebelum Berpulang Kehadapan Allah BAPA.

 

“Kalau saya memungut seseorang yang lapar dari jalan, saya beri dia sepiring nasi, sepotong roti. Tetapi seseorang yang hatinya tertutup, yang merasa tidak dibutuhkan, tidak dikasihi, dalam ketakutan, seseorang yang telah dibuang dari masyarakat – kemiskinan spiritual seperti itu jauh lebih sulit untuk diatasi.”

 

Mereka yang miskin secara materi bisa menjadi orang yang indah.Pada suatu petang kami pergi keluar, dan memungut empat orang dari jalan.Dan salah satu dari mereka ada dalam kondisi yang sangat buruk.Saya memberitahu para suster : “Kalian merawat yang tiga; saya akan merawat orang itu yang kelihatan paling buruk.”Maka saya melakukan untuk dia segala sesuatu yang dapat dilakukan, dengan kasih tentunya.Saya taruh dia di tempat tidur dan ia memegang tangan saya sementara ia hanya mengatakan satu kata :” Terima kasih ” lalu ia meninggal.Saya tidak bisa tidak harus memeriksa hati nurani saya sendiri.Dan saya bertanya : ” Apa yang akan saya katakan, seandainya saya menjadi dia ?” dan jawaban saya sederhana sekali.Saya mungkin berusaha mencari sedikit perhatian untuk diriku sendiri.Mungkin saya berkata :” Saya lapar, saya hampir mati, saya kedinginan, saya kesakitan, atau lainnya”.Tetapi ia memberi saya jauh lebih banyak ia memberi saya ucapan syukur atas dasar kasih.Dan ia mati dengan senyum di wajahnya.Lalu ada seorang laki-laki yang kami pungut dari selokan, sebagian badannya sudah dimakan ulat, dan setelah kami bawa dia ke rumah perawatan ia hanya berkata :”Saya telah hidup seperti hewan di jalan, tetapi saya akan mati seperti malaikat, dikasihi dan dipedulikan.”Lalu, setelah kami selesai membuang semua ulat dari tubuhnya, yang ia katakan dengan senyum ialah :”Ibu, saya akan pulang kepada Tuhan” – lalu ia mati.Begitu indah melihat orang yang dengan jiwa besar tidak mempersalahkan siapapun, tidak membandingkan dirinya dengan orang lain.Seperti malaikat, inilah jiwa yang besar dari orang-orang yang kaya secara rohani sedangkan miskin secara materi.(Sumber : Perkataan Ibu Teresa)

 

Kemenangan sejati hanya diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus karena Dia telah memberikannya kepada kita (I Kor 15:57)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan code CAPTCHA