TUAIAN 3

TUAIAN

Ayat hafalan:

Tempat-tempat pengirikan menjadi penuh dengan gandum, dan tempat pemerasan

 kelimpahan anggur dan minyak (Yoel 2:24)

 

SENIN

JANJI TUHAN

Bahan bacaan: Yoel 2:18-17

 

Bacaan kita hari ini menjelaskan tentang janji Tuhan kepada bangsa yang bertobat, bangsa yang hidupnya berkenan kepada Tuhan.  Kita diingatkan kembali bahwa penghalang terbesar untuk mengalami tuaian adalah dosa dan pelanggaran kepada FirmanNya. Kita tidak boleh hidup hidup diluar firmanNya.  Ketika mereka dosa sekecil apapun ada pada orang Israel saat itu, demikian juga dengan gerejaNya di akhir zaman ini, itu artinya mereka memberi peluang kepada setan dan mereka mengalami kekalahan atas musuh-musuhnya dan usaha mereka banyak mengalami kegagalan.  Sehingga hidup mereka menjadi gagal, miskin dan menderita. Selanjutnya ketika mereka bertobat,  mereka lepas dari intimidasi, mereka mengubah hidupnya menjadi para pemuji yang hidup dalam sorak sorai, maka Tuhan intervensi mengubah atmosfir rohani dengan mencurahkan Roh KudusNya dan selanjutnya semua yang mereka kerjakan berbuah dengan berlimpah-limpah dn mereka menjadi kesaksiantentang Tuhan yang hidup kepada dunia, sesuai dengan yang tertulisa dalam Yoel 2:27 “Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada diantara orang Israel, dan bahwa Aku ini, TUHAN, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umatKu tidak akan menjadi malu lagi selama-lamanya.” Pujilah Tuhan akan kebesaranNya maka tuaian besar akan engkau alami hari ini.

 

SELASA

PERTUMBUHAN

Bahan bacaan: Efesus 2:6-7, Yoh. 15:1-8

 

Tuaian akan kita peroleh ketika ada pertumbuhan, tuaian yang sehat diawali dari pertumbuhan yang sehat.  Seorang petani pasti membutuhkan tuaian yang banyak dan berkualitas untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.  Demikian juga kita sebagai orang percaya, kita sangat menginginkan hasil yang besar yang berkenan dihadapan Tuhan.  Pertumbuhan sangat dipengaruhi oleh makanan, perilaku dan faktor lingkungan atau komunitas kita sehari-hari.  Jika kita hidup dilingkungan komunitas yang tidak sehat, perilaku dan makanan tidak sehat maka pertumbuhan akan terganggu.  Kita harus menjaga agar pertumbuhan rohani kita sehat.   Pengenalan akan Tuhan melalui FirmanNya dan pujian pengagungan kebesaranNya, yang semakin baru setiap hari akan membentuk sikap, cara pandang dan menyehatkan pertumbuhan kita setiap hari.  Banyaknya issu atau berita-berita tentang keadaan dunia yang semakin tidak baik, tindak kejahatan yang semakin meningkat, ramalan-ramalan akhir zaman yang menuju kepada kesudahannya, bisa membuat iman orang percaya menjadi goyah dan pertumbuhan iman kita terhambat atau terganggu.  Tetapi kalau kita berakar dalam iman yang teguh, tidak goyah dan  mampu melihat dengan kacamata rohani  yang didasarkan pada kebenaran Firman Tuhan, maka kita dapat bertumbuh dan menghasilkan buah yang siap untuk dituai…..  Jangan pernah takut dan khawatir dengan kabar dunia ini, kita percaya bahwa Allah adalah kota benteng dan perlindungan kita.  Naikkan pujian senantiasa, pertumbuhan iman terjadi, tuaian melimpah akan menjadi milik kita.  Biarlah dengan bertambahnya usia kita semakin mengalami pertumbuhan dalam iman kepada Tuhan.

 

RABU

TUAIAN BANYAK TETAPI PEKERJA SEDIKIT

Bahan bacaan: Mat. 9:36-38, Mat. 10:1-4, Luk 10:2.

 

Firman Tuhan hari ini menjelaskan kepada kita bahwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.  Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.  Pernyataan yang sangat sederhana dan mudah untuk mengerti dan diingat oleh semua orang. Yesus menyampaikannya untuk dimengerti dan dilakukan oleh semua orang percaya.  Jika pembacaan ini terus dilanjutkan ke Matius pasal 10 dan Luk 10:2 kita membaca bahwa  Yesus mengutus para rasulnya untuk memberitakan Injil.

Tuaian memang banyak tetapi sedikit sekali pekerjanya,  tuaian adalah jiwa-jiwa.  Banyak sekali orang yang menunggu untuk dibawa masuk ke dalam hidup yang kekal.  Apa yang akan terjadi jika tuaian tidak segera dituai, tuaian itu akan membusuk. Tuaian tidak boleh dibiarkan begitu saja di masa panen karena binatang-binatang akan merusaknya, burung-burung akan memakannya dan hujan akan membuatnya membusuk.  Ladang Tuhan luas dan lebar, gandum menguning siap dituai.  Kitalah penuai yang Tuhan tetapkan karena kasih dan cintaNya pada kita.  Siapkan dirimu menjadi penuai di akhir zaman ini.

 

 

KAMIS

KOK BISA BEGINI…..??

Bahan bacaan: Hosea 8:7

 

Pernahkan saudara mengalami dan berkata “kok bisa begini,  buruk semua”,  Terkadang kita penuh tanda tanya dalam hidup kita,  terutama jika mengalami hal yang buruk secara bertubi-tubi.. kita percaya bahwa semua itu terjadi tidak lepas dari kendali Tuhan untuk membuat kita semakin percaya dan berpegang teguh kepada Tuhan.  Tetapi coba lihat seorang petani di ladang, dia menabur benih, maka dia akan menuai hasil seperti jenis yang dia tabur tentunya dengan hasil yang lebih banyak.  Petani menabur atau menanam satu biji mangga dia akan menuai banyak buah mangga ketika tiba waktunya.  Prinsipnya apa yang kita tabur akan kita tuai, dan Tuaian selalu lebih besar dari benihnya.  Demikian juga bila kita menabur hal yang buruk atau yang sia-sia dalam hidup ini, kalau kita tidak bertobat dan segera mencabut dan mematikan benih itu, maka kita akan menuai hal yang buruk dan sia sia

Bacaan kita harini ini berbicara tentang taburan yang tidak baik. Apapun yang kita tabur, pasti akan kita tuai.  Jadi berhati-hatilah! Jika Saudara menabur sesuatu yang buruk, namun menurut saudara sepele, saudara akan menuai puting beliung dan itu merusak dan memporakporandakan seluruh bangunan.  Apa yang selama ini kita bangun dengan seluruh jerih payah kita akan hacun seketika.  Jangan menabur angina, jangan menabur kesia-siaan.  Lihat gandum yang belum menguning tidak ada pada mereka, artinya gandum itu sudah hilang sebelum sempat dituai tidak ada panen, tidak ada berkat Tuhan yang dialami. Untuk itu  STOP menabur hal yang buruk yang tidak berkenan kepada Tuhan.  Naikkan pujian untuk kebesaran nama Tuhan setiap hari.

 

JUMAT

MENABUR KEBENARAN

Bahan bacaan : Mazmur 126:1-6.

 

Percayalah bahwa Roh Tuhan ada pada kita, memampukan kita untuk membebaskan mereka yang terikat, menyembuhkan mereka yang terluka, menghibur dan memberitakan tahun rahmat Tuhan.  Tuhan memberikan otoritas bagimu untuk membawa, mengabarkan dan menabur kebenaran dimana mana.  Ada kekuatan yang diberikan Tuhan kepada kita untuk melangkah, untuk melakukan kehendak Tuhan.  Kita harus menabur kebenaran dengan penuh keyakinan, sekalipun harus mencucurkan air mata, seperti yang dikatakan dalam Mazmur 126:5-6  “Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya”.

Kekasih Tuhan, marilah kita dengan giat menabur  di ladang Tuhan, mungkin sekeliling kita kadang menyalah artikan sikap kita atau menggosipkan macam-macam ketika kita sedang menabur, kita menangis ketika sedang menabur,  pandanglah kepada janji Tuhan, jangan pernah berhenti atau mundur, teruslah menabur yang baik dengan iman. Pada saatnya engkau akan menuai, engkau akan membawa pulang membawa berkas-berkasNya dengan suka cita yang besar penuh sorak sorai.

 

 

SABTU

SIKAP UNTUK MENGALAMI TUAIAN

Bahan bacaan : Lukas 1:20-22,28; 2 Raja-raja 5:10-14
Tuhan mau kita mengalami tuaian, mengalami mujizat dalam hidup ini.  Tuhan sudah menyelesaikan semua persyaratan yang dari Tuhan agar kita mengalami tuaian yang besar, bahkan nyawaNya sendiri Dia serahkan sebagai korban tebusan agar kita mengalami tuaian.  Tentunya ada hal yang harus kita kerjakan dengan penuh iman yaitu percaya bahwa  mujizat pasti terjadi walaupun itu tidak masuk akal.  Banyak hal yang tidak masuk akal dan tidak dapat kita jelaskan dalam hidup ini.  Kita tidak mampu untuk menemukan jawabannya selain menyerah kepada kuat dan kuasaNYa, yang pasti bahwa Tuhan baik dan menyediakan yang terbaik untuk kita alami seumur hidup kita.

Kadang kita diperhadapkan terhadap keraguan untuk melangkah, tetapi kalau kita terus intim dengan Tuhan dan menyerahkan seluruh hidup kita dalam rencanaNya, bertindaklah dengan iman meskipun tidak masuk akal.  Dari bacaan kita hari ini ketika Imam Zakharia tidak percaya maka dia menjadi bisu, janganlah hal ini terjadi dalam hidup kita.

Selanjutnya kita harus berani bayar harga, orang yang tidak mau membayar harga tidak akan melihat tuaian.  Belajarlah kepada Maria, dia berani membayar harga, karena pada masa itu seorang wanita yang mengandung tanpa suami harus dihukum rajam, tetapi Maria memilih untuk taat dan dia mengalami Mujizat yang besar dalam hidupNya, dia dipakai Tuhan untuk melahirkan Yesus Juru Selamat manusia.

Hati-hati dengan kesombongan, sifat yang menghalangi kita menuai mujijat.  Karena sifat sombongnya, Naaman hampir saja tidak mengalami kesembuhan, lihatlah  begitu ia bertobat dan merendahkan diri di hadapan Tuhan, kesembuhan terjadi luar biasa.  Terpujilah Tuhan yang mengerjakan jauh lebih besar dari apa yang kita pikirkan. Haleluya.

 

 

MINGGU

JANGAN KUATIR

Bahan bacaan : Mat. 6:25-34  

 

Terkadang kita menjalani hidup ini dengan penuh kekuatiran.  Apakah anda sedang kuatir saat ini? Apa yang anda kuatirkan? Pertanyaan selanjutnya apakah yang anda kuatirkan itu benar-benar harus dikuatirkan? Hidup di akhir zaman ini memang penuh tantangan dan persaingan, kegoncangan ada disegala aspek kehidupan manusia, membuat banyak orang dan termasuk kita menjadi kuatir.  Kekasih Tuhan, kita harus tahu dengan pasti apa yang harus kita kuatirkan dan yang tidak perlu kita kuatirkan.  Bacaan kita hari ini dengan tegas menjelaskana kepada kita agar kita tidak kuatir tentang apa yang kita makan, minum dan pakai, karena Bapa kita yang di sorga tahu bahwa kita memerlukannya, tentunya Dia pasti sediakan. 

Hal yang perlu kita kuatirkan adalah ketika kita tidak ada lagi kerinduan dan kehausan untuk mencari Kerajaan Allah dan kebenaranNya.  Adakah kekuatiran itu masih ada dalam hidup kita, kita harus kuatir ketika kita tidak hidup dalam kebenaranNya.  Percayalah ketika kita hidup dalam kerajaan Allah dan kebenaranNya kebutuhan makanan, minum dan pakaian akan Tuhan tambahkan kepada kita.  Hidup dalam kerajaanNya membuat kita menuai apa yang kita butuhkan dalam hidup ini. Seperti yang kitab Ratapan 3:22-23 katakan “Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu”.  Percayalah hari esok, minggu depan, bulan depan dan tahun depan akan lebih baik. Tuaian besar akan terjadi dalam hidupmu, keluargamu dan pelayanan yang Tuhan percayakan dalam hidupmu.

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan code CAPTCHA

Facebook
Google+
https://sinodegkkd.org/2018/04/19/tuaian-3">
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
SHARE