KELIMPAHAN SEUTUHNYA

Renungan minggu ke-3_Februari 2018

KELIMPAHAN SEUTUHNYA 

“Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya  dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat   pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

1 Tesalonika 5 : 23

 

SENIN – KELIMPAHAN SEUTUHNYA (1 Tesalonika 5 : 23. Kejadian 1 ; 1-31)

Dari semula sebelum manusia jatuh ke dalam  dosa, Tuhan sudah merancangkan kelimpahan bagi manusia, dimana manusia ditempatkan di tempat yg terbaik di taman Edan (kejadian 1 ; 31 ”Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya  itu, sungguh amat baik…)  Sejak semua rancangan kelimpahan sudah ada, tetapi manusia gagal, karena memilih kehendak bebasnya untuk melawan atau memberontak pada Allah, Sang pemilik kelimpahan.  Manusia memilih kehendaknya dan jatuh ke dalam dosa dan kehilangan kemuliaan Allah serta kelimpahan yang Ia sudah janjikan sejak semula.

Tetapi Allah tidak tinggal diam melalui karya perjanjian berkatNya, Allah berinisiatif untuk memulihkan keadaan manusia supaya manusia mengalami seluruh perjanjianNya, tetapi manusia gagal atau tidak setia.    Karya Kristus di kayu salib adalah puncak dari rencana Allah untuk melimpahkan seluruh berkat seutuhnya bagi kita manusia.   Karya salib menggantikan apa yang seharusnya manusia alami (hukuman karena dosa) digantikan dengan kemenangan yang sempurna (roh, jiwa dan tubuh).  Pemulihan, Kemenangan dan kesembuhan Ia sediakan bagi kita.   Yohanes 10 : 10 “ Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.  

 

SELASA  – KELIMPAHAN APA YANG DIMAKSUD (Yohanes 10 : 10, Matius 6 : 33-34)

 Kata “hidup” di ayat diatas diambil dari kata Yunani “ZOE”.  Zoe artinya hidup sesungguhnya, bukan sekedar hidup (makan, tidur, bergerak, berhafas, berkembang biak (itu bios dalam bahasa lainnya)

Ada juga yang menterjemahkan dengen “hidup berpadanan dengan Allah”.  Zoe juga  berarti hidup yang membawa arti, bukan hanya arti yang bisa dirasakan orang lain, tetapi membawa arti untuk kekekalan. Sederhananya zoe adalah hidup seperti Yesus hidup. Zoe selalu berbicara tentang kehidupan dalam hubungannya dengan Tuhan yang dimanifestasikan dalam segala hal, atau ektrimnya Zoe adalah hidup yang selalu berhubungan dengan hal rohani dan tidak bersentuhan dengan hal yang bersifat fisik atau yang sementara. Zoe juga berbicara bagaimana kita mengisi hari-hari hidup kita agar apapun yang kita lakukan memiliki nilai kekal. Zoe tidak berbicara tentang panjangnya hidup (panjangnya umur) dan segala prestasi yang kita dapatkan, tetapi zoe berbicara tentang dalamnya hidup, dan segala makna yang mampu kita berikan untuk orang lain dan kerajaan Allah.

Allah sediakan “Zoe “ atau kebermaknaan hidup hanya di dalam Yesus Kristus Tuhan, dan hidup (Zoe) ini, Tuhan sediakan dalam kelimpahan (perrisos).  Dan perrisos atau kelimpahan ini artinya adalah luber/tumpah “tidak terukur”.  Dan kita mengerti bahwa sesuatu yang “tidak terukur’ adalah kasih dan keselamatan yang Ia sediakan.  Bukan kekayaan materi (uang, harta) karena semuanya terukur.  Yuk carilah dahulu kerajaan Allah (Zoe) dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan padamu (mengalami kelimpahan)

 

RABU  – KELIMPAHAN DALAM KEKEKALAN (Yohanes 3 ; 16)

Dalam Yohanes 3: 16 “…supaya setiap orang yang percaya kepada Yesus, tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal…hidup yang kekal dalam ayat tersebut juga menggunakan akar kata “ZOE”. Artinya bahwa Tuhan memberikan segala kekayaan, kualitas hidup yang sangat tinggi bagi mereka yang percaya kepada Yesus. Itu juga berarti bahwa hidup yang kekal yang Tuhan janjikan bukanlah sekedar hidup di surga nanti, namun hidup yang kekal dimulai saat kita menerima Yesus. Saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan, kita mengalami kelahiran baru dan memiliki kehidupan ZOE dengan segala kualitasnya, kita memiliki kehidupan Yesus, yaitu kehidupan yang maksimal, berkualitas dan menjadi berkat.   Kualitas hidup yang seperti ini tentu tidak dapat dibandingkan dengan kekayaan fisik (uang dan harta serta kedudukan) yang bersifat sementara.  Hidup seperti Yesus hidup, kaya dalam kualitas, kaya dalam pengenalan akan kebenaran, kaya dalam pengenalan akan Allah.  Kualitas hidup yang seutuhnya sudah di tunjukkan Yesus Kristus berikan melalui karya keselamatan; “harta kita yang sesungguhnya bukanlah harta di bumi, tetapi harta di surga di mana ngengat dan karat tidak merusakannya; dunia bukanlah tanah air kita, ada satu tanah air yang lebih baik di surga nanti sehingga mata kita diajar untuk selalu tertuju kepada kekekalan. Inilah kelimpahan yang sesungguhnya, yaitu kekekalan atau “unlimited”

Sudahkan kita hidup dengan berfokus pada kekekalan?  Marilah apapun yang kita kerjakan saat ini, apakah pekerjaan kantor, usaha bahkan pelayanan, mari kita berfokus pada kekekalan. 

 

KAMIS  – KELIMPAHAN  ITU BUKAN HANYA MATERI (1 Tesalonika 3 : 12, Matius 25: 29)

Yesaya 60:5  “Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.”

Mungkin sudah hampir sepanjang bulan ini kita terus belajar “kelimpahan”, kembali Tuhan ingatkan kita bahwa kelimpahan yang dimaksud bukan hanya kelimpahan berkat secara materi atau fisik , kelimpahan yang seutuhnya juga berbicara

juga tentang :

  1. Kelimpahan kasih (1 Tesalonika 3:12)

Kasih adalah suatu karakter Kristus. Kasih adalah sesuatu yang nyata. Berarti bisa dirasa dan bisa dilihat. Dari perbuatan dan tindakan kita, orang dapat “melihat” kasih dalam kita. Seringkali kita merasa kekurangan kasih saat disakiti, dikecewakan, dikhianati dan sebagainya. Itulah sebabnya kita perlu mengejar kasih, karena sekalipun banyak karunia tapi tanpa kasih, kita seperti gong dan canang saja (1 Korintus 13:1).

  1. Kelimpahan kemampuan/talenta (Matius 25:29)

Ini bicara mengenai mau menggunakan kemampuan-kemampuan yang Tuhan berikan. Menggunakan talenta secara bijaksana dan produktif adalah suatu hal yang penting dan vital dalam pemuridan. Tuhan baik, karena Ia berjanji bahwa setiap orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dari Tuhan, maka Ia akan membalasnya dengan memberikan kesempatan-kesempatan lebih lagi dalam melayani Dia dengan setia dan berbuah-buah. Ayo temukan panggilan Anda dengan tepat, dan hidupilah panggilan itu dalam domain yang sudah disediakan dengan terus mengembangkan kemampuan dan talenta Anda. 

 

JUMAT  –  KUNCI MENGALAMI KELIMPAHAN SEUTUHNYA (Yesaya 48:18-19)

Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku.”

Yesaya mengingatkan kita agar senantiasa memperhatikan perintah-perintahNya,  maka ada berkat yang seutuhnya atau sempurna yang Dia sediakan bagi kita:

  1. Ia sediakan damai sejahtera yang seperti sungai yang tidak pernah kering (Tak berhenti)
  2. Kebahagiaan yang yang terus melimpah (Tak terbendung)
  3. Ia sediakan keturunan (anak dan cucu) yang seperti kersik banyaknya (tak terhitung)
  4. Nama kita tidak akan dilenyapkan dan ditiadakan (Tak dilenyapkan)

Sebuah berkat yang utuh (roh, tubuh dan jiwa), dan dicari semua orang, dan ini hanya dapat ditemukan dalam satu nama Yesus Kristus Tuhan, melalui karya salibnya, berkat yang utuh kita peroleh, dengan syarat yang ringan yaitu memperhatikan perintah-perintahNya

Kekayaan materi atau fisik akan berakhir, tetapi janji Allah akan berkat yang seutuhnya diatas akan tidak pernah berakhir. 

Apa yang dunia sedang cari, itu ada di dalam kita, karena di dalam kita ada Yesus Sang penyedia kelimpahan seutuhnya

Terimalah Yesus sebagai Juru selamat dan kita akan mengalami kelimpahan seutuhnya.

 

SABTU  – MENJADI KAYA DALAM KRISTUS (Amsal 10 : 22)

Secara umum kita mengerti bahwa menjadi kaya adalah memiliki banyak harta dan uang (kelimpahan versi dunia)

Tetapi sesuatu yang tidak bisa dipungkiri oleh dunia, bahkan oleh orang-orang superkaya sekalipun, kekayaan fisik adalah semu dan akan berlalu atau berakhir (tidak akan bisa dinikmati). Kekayaan yang hakiki adalah ketika kita berada dalam Kristus. Karena padaNya ada keselamatan besar.  Tetapi bukan berarti orang-orang percaya tidak bisa diberkati (secara materi), Tuhan rindu kita anak-anakNya mengalami bukan saja kekayaan keselamatan, tetapi juga fisik atau materi.  Supaya kita dapat memberkati orang-orang yang berkekurangan secara materi.   

Pertanyaannya bagaimana supaya kita bisa dapat menjadi kaya di dalam Kristus  (kaya seutuhnya):

  1. Kita harus selalu siap, dan mau bekerja keras, cerdas dan iklas (Pengkhotbah 9 : 10) , karena Allah tidak memberkati orang yg malas
  2. Kita hendaknya memiliki hati yg bersih (motivasi yg benar), tidak hidup dalam keegoisan, iri hati dan keserakahan/kecurangan
  3. Kita harus banyak belajar sama orang yang berhasil dan bisa bekerja sama dengan mereka sehingga tercipta pola kebersamaan yang saling menunjang
  4. Kita harus memiliki ketulusan hati, motivasi untuk senantiasa bersikap rendah hati dan ma uterus menerus belajar.
  5. Hidup dalam spirit memberi, (“berilah maka kamu akan di beri”) dan inilah hokum dari kelimpahan.

 

MINGGU – MENGALAMI KELIMPAHAN (1 Tawarikh 4 : 9-10)

 Saudara, jika kita ingin mengalami pemulihan dan kelimpahan dalam hidup kita, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Hari ini kita akan belajar mengenai bagaimana kita bisa mendapatkan hidup yang dipulihkan dan penuh dengan kelimpahan.

  1. Ketaatan Kunci Mengalami Kelimpahan

Tanpa ketaatan kita tidak akan mendapatkan kelimpahan dan pemulihan.

  1. Motivasi Memuliakan Tuhan Kunci Mengalami Pemulihan

Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku… (1 Tawarikh 4:10)

Bercermin dari cerita Yabes, dia dilahirkan dengan nama yang bagi sebagian orang dijamannya.  Yabes artinya kesakitan. Tetapi Yabes tidak menyerah dengan keadaan itu. Yabes mendapatkan berkat yang luar biasa dari Tuhan. Yabes mendapatkan pemulihan dari Allah dan Allah merubah kehidupannya.

  1. Keintiman Dengan Tuhan Kunci Pemulihan

“Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai diri sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan memberontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak memperdulikan agama, Tidak tahu mengasihi, tidak sukaberdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, tidak suka yang baik,. Suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti haa nafsu daripada menuruti Allah.Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!”       2 Timotius 3:1-5

Orang yan bergaul karib dengan Tuhan, yang memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, pasti akan mendapatkan kelimpahan dalam hidupnya.  Saudara, tidak ada masalah dalam kehidupan kita yang tidak bisa diselesaikan jika kita berjalan dan bergantung dalam Tuhan. Masalah dan bencana mungkin akan datang dalam kehidupan kita, tetapi yakinlah bahwa Tuhan Allah sanggup menyelesaikannya bersama kita.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan code CAPTCHA

Facebook
Google+
https://sinodegkkd.org/2018/04/23/kelimpahan-seutuhnya">
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram
SHARE