DIAM DI RUMAH TUHAN

 

DIAM DI RUMAH TUHAN

Ayat hafalan : Mazmur 84:4

Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela

 

Senin – DIAM DI RUMAH TUHAN (Maz 84:4)

Pemazmur sedang mengungkapkan kebenaran mengenai hal terpenting dalam kehidupan umatNya yaitu diam dirumahNya. Diam dirumahNya adalah menjadi gaya hidup umatNya tuk senantiasa membaharui.kekuatannya, tuk menemukan kehendakNya, tuk mengenal isi.hatiNya. Diam ditumahNya adalah terus-menerus memuji Dia karena segala.kebaikan,berkat dan anugerahNya yg berlimpah. Orang yg diam di rumahNya adalah mereka yang memiliki ide,kemauan dan kemampuan bersumber dari Dia

Orang yg diam di rumahNya adalah mereka yg mencintai FirmanNya dan merenungkan FirmanNya.

Saudaraku, mari diam dirumahNya dan alami kemuliaaNya yang berlimpah. (Sumber :Pdt. Dr. Ir. Rachmat T Manullang, M.Si)

Selasa – PUSAT INFORMASI SURGA (Maz 27:4)

Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.

One thing I have desired of the LORD, That will I seek: That I may dwell in the house of the LORD All the days of my life, To behold the beauty of the LORD, And to inquire in His temple. (NKJV)

Ayat di atas bisa jadi sudah berulang kali dibahas dan dijelaskan kepada Anda. Sekali lagi, situasi yang terjadi adalah Daud sedang dalam masa sangat sulit karena ada musuh yang mengejarnya dan berkesan akan membunuhnya secara sadis. Namun yang sangat luar biasa adalah bahwa Alkitab mencatat respon Daud sangat rohani atau dewasa. Dia bisa berespon  seperti demikian karena komitmennya hidup dalam Rumah Tuhan seumur hidupnya sehingga dia tidak takut kepada siapapun.

TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? (Maz 27:1)

Mengapa demikian? Di dalam rumah Tuhan kita bukan sekedar merasakan damai di hati, tapi juga ada hikmat dan pengetahuan tentang Tuhan dan janjiNya. Dalam bahasa Inggris di Mazmur 27:4, di dalam rumah Tuhan ada kata inquire in His temple. Artinya Daud berkata di dalam rumah Tuhan atau baitnya dapat menyelidiki atau menanyakan, apakah kehendak Tuhan dan apakah maksud Tuhan di dalam setiap bagian perjalanan hidup kita. Bait Allah menjadi Pusat Informasi Surga di bumi. Apakah ada lembaga atau komunitas lain yang dapat memberikan informasi tentang Tuhan dan kehedakNya? Tentu tidak ada.

Oleh sebab itu, ketika kita menetap dalam hadirat Tuhan yakni RumanNya, selalu ada jawaban yang akurat atas semua doa dan situasi yang kita alami. Mari, setia dalam persekutuan dengan Tuhan. (Sumber : Pdt. Santoso S Hutabarat, S.Si)

 

Rabu – TINGGAL DALAM RUMAH TUHAN = TINGGAL DALAM KEBENARAN (Yoh 15:7)

Ada satu pemahaman yang terkadang orang Kristen simpulkan, yakni kehadiran Tuhan adalah perasaan  tertentu di dalam diri. Kesimpulan ini tidak 100 % benar. Mari kita simak. Alkitab menjelaskan bahwa tinggal di dalam Rumah Tuhan sama dengan tinggal dalam firmanNya. Artinya kehadiran Tuhan dalam hidup seseorang dapat terjadi ketika seseorang sudah mempercayai dan hidup di dalam kuasa kebangkitan Yesus dari antara orang mati, yakni kuasa kemenangan. Semua kemenangan dimulai dengan keputusan untuk menetap atau tinggal dalam FirmanNya dan firmanNya tinggal di dalam kita.

Rumah Tuhan adalah rumah pembelajaran, dimana semua peraturan, ketetapan dan petunjuk perjalanan hidup ada di dalamnya. Ketika kita tinggal dalam firman Tuhan, maka semua isi otak kita adalah pola pikir Tuhan, dan perasaan kita dikuasai oleh pola rasa Tuhan. Otomatis, ketika pola pola pikir dan pola rasa kita bersumber dari Firman Tuhan, maka kehendak atau kemauan kita selalu akan memuliakan Tuhan atau tidak akan pernah mempermalukan Tuhan di bumi. Mengapa, karena doa-doa kita akan selalu terpenuhi di semua bidang kehidupan kita.

Pastikanlah kita semua mengalami kemenangan oleh karena iman kepada Firman Tuhan setiap waktu. (Sumber : Pdt. Santoso S Hutabarat, S.Si)

 

Kamis – Berkat melimpah di dalam Tuhan (I Taw 1 Taw 13:13-14)

Jika kita sudah membaca ayat  di atas, konteksnya adalah tentang tabut Tuhan di perjanjian lama dalam kehidupan kerajaan Israel. Tabut Tuhan digambaran dengan dengan benda yang suci. Tabut Tuhan adalah kehadiran Tuhan pada waktu itu. Kehadiran Tuhan sangat suci dan berkuasa mengubahkan situasi dan kehidupan manusia.

Ketika Tabut Tuhan diletakkan di rumah Obed edom, Alkitab mencatat, TUHAN memberkati keluarga Obed-Edom dan segala yang dipunyainya. Padahal Oben Edom bukanlah ahli agama atau orang yang sangat rohani di jaman hidupnya. Bukan juga seorang ahli dalam bisnis. Berkat melimpah di rumahnya sangat nyata. Tanpa bekerja atau upaya-upaya yang sangat sulit dan susah, Tuhan memberkati keluarganya dan harta bendanya. Sangat menakjubkan kuasa kehadiran Tuhan.

Jadi, sekali lagi, kita diajarkan bahwa kunci sukses di dalam keluarga dan ekonomi dalah hidup dalam hadirat Tuhan dan selalu percaya akan setiap pergerakan atau apa yang Tuhan kerjakan tanpa berdalih apa pun. (Sumber : Pdt. Santoso S Hutabarat, S.Si)

 

Jumat – DIA ADA (Kej 17:1)

Allah pencipta sangat dekat dengan ciptaanNya. Tidak ada jarak antara Allah dengan Adam dan Hawa di Taman Eden. Juga ada Allah di balik kejatuhan manusia ke dalam dosa. Dia membuat pakaian yang siap pakai untuk anak-anakNya yang telah berdosa di Taman Eden, sebelum mereka pergi meninggalkan Taman itu. Kasih berupa jaminan perlindungan untuk Kain , setelah membunuh adiknya Habel, menunjukkan Allah tetap ada kembali untuk Kain. Dia lah yang berkuasa di setiap masa dan di setiap tempat di seluruh belahan bumi. Sekalipun kelompok saudara dari Atheis tidak mempercayai adanya Tuhan Sang Pencipta, tetapi alam dan isinya sudah berbicara bahwa Tuhan adalah Hadir dan bergerak.

Di zaman anugerah keselamatan ini, Allah tentu juga hadir dan semakin terbuka kesempatan luas bagi setiap orang untuk merasakan da mengenal Pribadi Allah sejati. Namun pemikiran yang sempit dan salah seringkali menghambat kesadaran dan kepercayaan akan kehadiran Allah. Pemikiran yang sempit dan salah berupa pemisahan area kehadiran Tuhan, dimana Dia hanya ada di rumah ibadah, suasana ibadah, doa dan kegiatan pelayanan. Ketika tekanan dan masalah datang, sebagian besar orang berespon diri dengan mengatakan “Tuhan tidak ada membantu”. Pernyebab tersebut bermakna bahwa Tuhan tidak dikenal oleh mereka yang berespon seperti itu. Ayub berkata

Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas. (Ayub 23:10)

Ayub sangat mengenal kehadiran Allah di setiap situasi dan tempat. Pemikiran nya yang benar akan kemahakuasaan Tuhan di dalam perjalanan hidupnya , membuat Ayub mampu berespon benar terhadap situasi yang tidak benar atau tidak menyenangkan.

Adakah Tuhan untuk Anda saat ini? Di semua bidang kehidupan Anda? (Sumber : Pdt. Santoso S Hutabarat, S.Si)

 

Sabtu – Iman adalah Kunci mengenal hadirat Tuhan (2 Raja-Raja 6:17)

Melihat hal-hal yang kelihatan adalah kejadian yang biasa dan umum. Mata dan otak manusia diciptakan untuk fungsi melihat dan memaknai setiap yang dilihat secara. Jika tidak ada yang dilihat mata, maka tidak ada yang dimaknai oleh otak. Namun ada hal lain yang dapat dilihat oleh manusia tanpa dapat dilihat secara kasat mata. Fungsi ini disebut disebut fungsi intuisi. Intuisi membantu manusia untuk melihat peluang solusi di tengah-tengah permasalahan yang muncul dengan menggunakan fungsi kognitif (pola berpikir) dengan afektif (pola merasa).  Sehingga bisa terjadi perbedaan cara pandang seseorang terhadap orang lain dalam melihat duduk permasalahan. Itupun juga hal biasa yang dapat terjadi dalam diri setiap orang. Tetapi ada satu hal yang menjadi system untuk melihat yang Tuhan sediakan dengan bukan mata biasa dan otak, tetapi dengan “mata iman”

Elisa, seorang nabi yang juga manusia biasa, tapi karena dia percaya dan mengenal Tuhan, maka bukangnya Elisa dicelikkan hatinya untuk melihat sesuatu yang Tuhan sediakan baginya untuk membantu memenangkan pertempurannya melawan orang Aram.

Hidup kekristenan harus dijalani dengan iman, sebab tanpa iman tidak mungkin manusia melihat Tuhan. Tanpa melihat Tuhan maka hidup kita akan menuju kepada kebinasaan. Gunakanlah hati anda sebagai media bertumbuhnya iman atau keyakinan yang kuat sehingga anda selalu dapat melihat solusi terhadap permasalahan, melihat peluang di saat tiada jalan karena Tuhan Yesus tak pernah kehabisan solusi dan cara untuk hidup anda hari ini dan selamannya.

Iman adalah kunci melihat yang tidak kelihatan di alam nyata, menjadi kelihatan di alam nyata. Iman menolong anda melihat keluarga, sekolah, bisnis, pekerjaan dengan cara pandang Tuhan. (Sumber : Pdt. Santoso S Hutabarat, S.Si)

 

Minggu – Tinggal dalam Ruman Tuhan, memfokuskan hidup (Ibrani 12:2)

Ingatkah anda kisah ajaib “Petrus berjalan di atas air?”. Inilah kisah nyata yang sangat langkah. Petrus seorang yang biasa, tidak berilmu khusus untuk bisa berjalan di atas air. Bahkan dia adalah seorang yang pernah menyangkal Yesus sebanyak 3 kali. Namun, dia seorang yang terbuka kepada Tuhan untuk mengalami kehidupan yang luar biasa. Apakah buktinya? Ketika melihat/ memandang Yesus di atas perahu yang sedang berada di atas air, Petrus percaya bahwa benarlah itu Tuhan Yesus. Ketika Yesus memintanya untuk keluar dari perahu dan berjalan di atas air, maka Petrus pun melakukan apa yang Tuhan katakana dan dipercayai Petrus. Wow…mujizat terjadi. Petrus berjalan di atas air. Petrus telah melakukan tindakan yang sangat langka. Petrus bertindak dalam iman, yakni iman kepada Yesus, memandang pada Tuhan Yesus, memfokuskan diri pada Yesus.

Pencobaan hidup tentulah akan datang dan sudah menerpa anda hari ini. Hal ini tidak bisa dielakkan. Tetapi, ini waktu yang sengat tepat untuk mengarahkan mata kita kepada Tuhan dan membiasakannya ketika badai kehidupan dating dan menekan anda. Kuasa dibalik kepercayaan kepada Tuhan adalah kunci yang membuat kita bisa focus kepada tujuan Tujuan untuk hidup anda. Focus akan melupakan anda dari hal-hal yang mengganggu dan bahkan yang bisa menguburkan harapan-harapan anda di masa depan. (Sumber : Pdt. Santoso S Hutabarat, S.Si)

Tetaplah focus pada Tuhan Yesus hari ini!

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan code CAPTCHA