GENERASI MILENIAL

Renungan Harian Sepekan, Terbit 26 Agustus 2019

 

SENIN, Generasi Milenial

Kisah Para Rasul 13:36 (TB)  Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan.

Daud adalah hambaNya yang melayani zamanNya, Gereja harus memahami dan melayani generasi atau zamanNya. Hari-hari ini generasi ini disebut generasi milenial. Teknologi membuat para generasi milenial bergantung kepada internet dan mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi sumber berita utama bagi masyarakat.

Gereja harus menjadi jawaban untuk memanfaatkan teknologi bagi kerajaanNya. Gereja harus mengisi dunia maya dengan kebenaran tuk melawan berita palsu atau hoaxs. Gereja harus melayani generasi ini agar bertemu dengan Yesus sebagai sumber kehidupan. Mari kita layani generasi milenial..

 

Selasa, Mengajar berulang-ulang

Ulangan 11:18-21

“…Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu. Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun…” Generasi ini adalah generasi yang cerdas dan penuh informasi, hasil dari kegemaran mereka dengan dunia teknologi yang ada, karena itu mereka harus menerima informasi yang tepat dan yang paling penting dalam kehidupan mereka, yaitu Firman Tuhan. Pesan Tuhan kepada bangsa Israel adalah mengajarkan Taurat Tuhan itu berulang-ulang kepada generasi ke generasi berikutnya. Ini adalah perkara yang tidak boleh hilang, semuanya boleh berubah, informasi boleh berubah, kebiasaan atau kesukaan boleh berubah, tetapi Firman Tuhan harus terus diajar dari keturunan kepada keturunan, itulah yang menjadi prinsip yang Tuhan ajarkan kepada kita umatNya. Mulailah dari komunitas terkecil kita, keluarga kita adlah tempat terbaik untuk kita belajar Firman Tuhan.

 

Rabu, Komunitas yang membangun

1 Korintus 15:33

Generasi milenial ini punya kecenderungan egosentris yang tinggi, mereka akan mencari tempat dimana mereka nyaman untuk berkumpul, karena itu mereka lebih menyukai kenyamanan daripada pentingnya komunitas yang baik bagi mereka. Pengaruh dari komunitas tidaklah terlalu menjadi fokus mereka, karena mereka lebih mencari pertemanan yang ‘asik’ dan ‘nyaman’ bagi mereka. Keterlamabatan Komunitas anak-anak Tuhan untuk beradaptasi dengan gaya hidup generasi ini, menyebabkan banyak generasi muda meninggalakna gereja hari-hari ini. Tapi tidak ada yang terlamabat, selama ada ketulusan dan kasih Kristus dalam hidup kita, maka generasi ini dapat kita rebut kembali. Karena itu dibutuhkan komunitas yang penuh dengan kasih Kristus, yang siap menerima mereka apa adanya dalam segala kelemahan mereka, dan juga komunitas yang siap mengakomodir kelebihan dan talenta yang mereka miliki. mari kita belajar bersama-sama melayani generasi ini.

 

Kamis, Keteladanan

Yohanes 13:15; Filipi 3:17; 1 Petrus 5:3

Yesus memberi perintah kepada murid-muridNya untuk mengikuti teladanNya, “…sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu..”, Paulus sebagai pengikut Kristus juga mengikuti dengan baik teladan Tuhan Yesus, dan selanjutnya pauluspun meneruskan perintah Tuhan dengan berkata,”… Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu…” demikian juga perintah itu diberikan kepada kita, untuk kita megikuti teladan Guru Agung kita dan menjadi teladan bagi generasi selanjutnya. Dari generasi ke generasi, keteladanan adalah hal yang harus terus diwariskan, demikian juga kepada generasi sekarang ini. generasi milenial sangat menekankan keteladanan dibandingkan dengan ‘uang’, karena itu keteladanan adalah hal yang mutlak harus kita miliki jika kita mau memenangkan generasi ini. Karena itu, teruslah bertumbuh dalam Tuhan, biarlah hidup kita terus diubahkan menjadi serupa dengan Kristus, dan kita menjadi teladan bagi generasi ini.

 

Jumat, Didik dalam kebenaran

Amsal 22:6

Berlimpahnya fasilitas  teknologi komunikasi dan informasi,  telah nmengakibatkan generasi milenial   menjadi  kurang fokus.  Mudahnya akses internet mengakibatkan para generasi milenial hidup terlalu bebas, dan rentan meninggalkan ajaran Firman Tuhan yang berisikan nilai-nilai kekal dan  rahasia sukses didalam hidup manusia. Dalam Alkitab tertulis, “…Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu…” Ini adalah perkara yang harus kita lakukan kepada generasi ini. Tidak mudah memang, antara menerima dan mendidik, antara mengakomodir dan kompromi, seringkali hal ini menjadi perdebatan dan kebingungan diantara para pekerja gereja, tapi dalam pimpinan Roh Kudus dan ketulusan untuk melayani generasi ini, kita pasti mampu mendidik generasi ini dalam kebenaran, supaya di masa mendatang mereka juga yang akan menruskan prinsip ini kepada generasi selanjutnya.

 

Sabtu, Semua generasi memuji Tuhan

Maz 145:4  — semua angkatan/generasi akan memuji Tuhan

“…Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu…” Dari generasi ke generasi, perubahan dan perbedaan apapun di dalam setiap generasi, ada hal yang pasti akan terjadi yaitu mereka akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan Tuhan, mereka akan menceritakan tentang perbuatan-perbuatan Allah yang besar. Kebebasan dan kemudahan generasi ini memperoleh informasi, mengakibatkan mereka menjadi hidup bebas dan rentan untuk meninggalkan Firman Tuhan. Hal ini juga berpengaruh juga kepada ketertarikan generasi ini kepada perkara-perkara rohani, tetapi Firman Tuhan Ya dan Amin, generasi ini ada tetap untuk memuji dan menyembah Dia, Raja diatas segala Raja. Karena hanya Dialah Allah yang layak di sembah dari generasi ke generasi. Mari layani generasi ini dengan hati yang tulus.

 

Minggu, Generasi Penuai

Yoel 2:28-29

Tidak bisa dipungkiri, generasi sekarang ini baik milenial, generasi Z atau yang sering disebut Kids Jaman Now, atau bahkan generasi Alpha, mereka adalah generasi di hari-hari terkahir. Dimana Alkitab mencatat dalam 2 Tim 3:1-9, perilaku manusia di hari-hari terakhir mengalami degradasi yang hebat, baik secara moral, attitude, dll. Tetapi kita juga punya 1 nubuatan dalam Alkitab, dalam Yoel 2, pencurahan Roh Tuhan yang besar akan terjadi, dan 85% nubuatan itu di tujukan kepada orang-orang muda di jaman ini. Dari janji inilah kita percaya, bahwa di tengah-tengah hancurnya perilaku manusia di hari-hari terakhir, generasi muda sekarang adalah orang-orang yang memiliki anugrah untuk menjadi para penuai yang hebat di akhir Jaman. Merekalah orang-orang yang dinubuatkan dalam kitab Yoel, mereka berhak menikmati dan menggenapi nubuatan tersebut. Mari umat Tuhan, kita bersama-sama melayani generasi ini, layani dengan kasih yang nyata-nyata, didik dalam kebenaran disertai dengan keteladanan hidup kita, karena merekalah para penuai-penuai hebat yang Tuhan bagkitkan di akhir jaman. Amin.

 

Penulis : Pdm. Yongki Sannadi

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan code CAPTCHA

Facebook
Google+
https://sinodegkkd.org/2019/08/24/generasi-milenial">
Twitter
YouTube
Pinterest
LinkedIn
Instagram